Alasan Mengapa Bentuk Muka Bumi Bermacam-Macam

Posted on

DETALOG.COM – Bentuk dari muka bumi sangatlah beragam, ada yang landai, jurang, lembah, ad ayang begunung-gunung dan berbagai macam bentuk lainnya. Dahulu kala sebelum ada pembuktian bahwa bumi bentuknya bulat agak lonjong, banyak yang beranggapan bahwa bumi bentuknya berbetnuk datar. Jika kapal berlayar menjauhi bibir pantai maka kapal tersebut bisa jatuh dan hilang.

Ada 2 yang menjadi penyebab mengapa bentuk muka bumi menjadi bermacam – macam, yaitu:

  1. Tenaga Eksogen

Seperti yang dilansir dari Wikipedia, tenaga eksogen itu adalah tenaga yang berasal dari luar bumi. Memiliki sifat umum untuk mengubah permukaan bumi hasil bentukan dari tenaga endogen. Bukit atau tebing yang terbentuk hasil tenaga endogen terkikis oleh angin, sehingga dapat mengubah bentuk permukaan bumi.

Pada umumnya tenaga eksogen memiliki 3 sumber, antara lain:

  • Atmosfer, yaitu perubahan suhu dan angin.
  • Air yaitu bisa berupa aliran air, siraman hujan, hempasan gelombang laut, gletser, dan sebagainya.
  • Makhluk hidup yaitu berupa jasad renik, tumbuh-tumbuhan, hewan, dan manusia.

Pelapukan, pengikisan dan pengangkutan dan sedimentasi merupakan proses penggerusan yang dilakukan tenaga eksogen di bagian permukaan laut litosfer. Contohnya, muncul hasil aktifitas tektonisme (proses yang terjadi akibat pergerakan, pengangkatan, lipatan, dan patahan pada struktur tanah di suatu daerah) atau vulkanisme (gunung api). Contoh lainnya adalah terjadinya pengikisan pantai. Setiap saat air laut menerjang pantai yang akibatnya tanah dan batuannya terkikis dan terbawa oleh air. Tanah dan batuan yang dibawa air tersebut kemudian diendapkan dan menyebabkan pantai menjadi dangkal.

Dampak positif tenaga eksogen:
1. Pelapukan di daerah kapur, dapat membentuk gua-gua yang mempunyai stalagtit dan stalagmit, yang dapat menjadi daerah tujuan wisata.
2. Relief muka bumi bentukan tenaga eksogen baik di pantai maupun di daratan juga bisa menjadi daerah pariwisata.

Dampak negatif tenaga eksogen:
1. Terjadi kerusakan areal pertanian, pemukiman, jalan, akibat dari adanya banjir dan erosi.
2. Kekuatan angin dapat menimbulkan bencana di daerah pemukiman penduduk.

  1. Tenaga Endogen

Dalam laman Wikipedia disebutkan bahwa tenaga endogen adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi yang menyebabkan perubahan pada kulit bumi. Tenaga endogen ini sifatnya membentuk permukaan bumi menjadi tidak rata.

Macam-macam tenaga endogen antara lain:

Diatropisme adalah proses terjadinya penampakan kulit bumi yang berbeda ketinggiannya diakibatkan karena adanya pergeseran pada kulit bumi. Tenaga dari dalam bumi mempunyai kekuatan yang luar biasa untuk menggerakan lapisan kulit bumi yang tebal. Kekuatan diatropisme ini yang membentuk deretan pegunungan di dunia ini.

Vulkanisme adalah proses atau aktifitas dari gunung api, Jika Anda mendaki hingga ke puncak gunung api, Anda akan merasakan panas. Hal ini disebabkan karena adanya magma dalam perut bumi. Magma itu sendiri adalah cairan bumi yang cair, pijar dan banyak mengandung gas. Magma menjadi panas karena letaknya yang jauh di dalam perut bumi sehingga memiliki tekanan yang tinggi.

  • Siesme (Gempa Bumi)

Gempa bumi adalah peristiwa bergetarnya kulit bumi yang diakbatkan oleh suatu tenaga. Tenaga penyebabnya dapat bersifat endogen maupun eksogen. Namun, gempa yang paling dahsyat dan dapat menimbulkan kerusakan yang hebat adalah gempa yang tenaganya berasal dari dalam bumi (endogen). Makin dekat pusat gempa bumi, maka akan semakin kuat getarannya.

Batuan adalah semua bahan yang membentuk lapisan bumi. Meskipun tanah dan batu besaran dan kekerasannya bebeda, keduanya disebut dengan batuan. Hanya saja bentuk batuan dari tanah sangat kecil.

Batuan pembentuk kulit bumi dibedakan menjadi tiga macam yaitu: Batuan Beku, Batuan Sedimen, Batuan Metamorf (Malihan)

Dampak positif tenaga endogen:
1. Letak mineral dekat dengan permukaan tanah
2. Relief bentukan tenaga endogen dapat dijadikan daerah tujuan wisata
3. Terbentuk gunung yang tinggi yang dapat mendatangkan hujan orografis
4. Terbentuk tanah tinggi yang luas sebagi areal pertanian agrobisnis

Dampak negatif tenaga endogen:
1. Pergerakan lempeng kerak bumi menimbulkan bencana
2. Terjadi gerak naik dan turun daratan yang menyebabkan kerusakan bangunan, jalan, rumah, maupun jembatan.

 

Advertisements