Jelaskan Manfaat Dari Meneladani Al-Asmaul Al-Husna Al-Wakil

Posted on

DETALOG.COM – Menurut bahasa, Asma`ul husna artinya nama-nama yang baik. Sedangkan menurut istilah berarti nama-nama Allah yang baik dan yang agung sesuai dengan sifat-sifat Allah sebagai bukti keagungan dan kemuliaan-Nya, jumlahnya ada 99 (sembilan puluh sembilan) nama.

Sedangkan asmaul husna Al-Wakil berasal dari kata Al-wakil yang mengandung arti Maha Mewakili atau Pemelihara. Al-Wakil yaitu Allah SWT yang memelihara dan mengurusi segala kebutuhan makhluk-Nya, baik itu dalam urusan dunia maupun urusan akhirat.

Firman Allah dalam Al-Qur’an surat Az-Zumar ayat 62:

اللَّهُ خَالِقُ كُلِّ شَيْءٍ ۖ وَهُوَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ وَكِيلٌ

Artinya : “Allah SWT pencipta segala sesuatu dan Dia Maha Pemelihara atas segala sesuatu.”

Hamba Al-Wakil adalah yang bertawakkal kepada Allah SWT. Menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT melahirkan sikap Tawakal. Tawakal bukan berarti mengabaikan sebab-sebab dari suatu kejadian. Berdiam diri dan tidak peduli terhadap sebab itu dan akibatnya adalah sikap malas. Ketawakkalan dapat diibaratkan dengan menyadari sebab-akibat. Orang harus berusaha untuk mendapatkan apa yang diinginkanya. Rosululloh SAW bersabda “Ikatlah untamu dan bertawakkalah kepada Allah SWT.”

Mempunyai arti bahwa Allah, adalah Dzat yang mengurus segala urusan hamba-Nya dan memudahkan segala yang dibutuhkan oleh mereka. Allah adalah Dzat yang segala perkara diwakilkan kepada-Nya, Asmaul Husna Al-Wakil terbagi atas:

1. Yang memenuhi apa yang diwakilkan kepadanya dengan sempurna, tanpa pamrih.
2. Yang memenuhi tetapi tidak semua. Wakil yang mutlak ialah yang diwakilkan segala urusan kepadanya, dan dia cocok untuk melaksana kan dan menyempurnakannya-wakil seperti itu tidak lain hanyalah Allah SWT.

Manfaat Meneladani Asmaul Husna Al-Wakil

Manfaat jika kita meneladani Asmaul Husna Al-Wakil ialah :
1. Kita menjadi takut untuk melakukan perbuatan buruk.
Meneladani Asmaul Husna Al-Wakil memberikan kesadaran kepada Anda untuk takut melakukan perbuatan buruk yang mungkin sebelumnya sering Anda lakukan.

2. Kita menjadi orang yang selalu ingin berbuat baik.
Memang benar kata orang, berbuat jahat lebih mudah daripada berbuat baik. Setiap manusia di dunia ini pasti pernah melakukan kesalahan. Tetapi dengan meneladani Asmaul Husna Al-Wakil, maka akan membuat kita lebih menjadi orang yang ingin terus berbuat baik.

3. Dan kita selalu ingin beribadah kepada Allah SWT.
Mungkin dulunya Anda sering atau bahkan jarang melakukan shalat 5 waktu. Tetapi dengan meneladani Asmaul Husna Al-Wakil ini akan membuat Anda lebih rajin dan memiliki keinginan untuk beribadah kepada Allah SWT.

Advertisements