Beberapa Pulau Kecil yang Menjadi Bagian dari Pulau Bali

Posted on

DETALOG.COM – Siapa sih yang tidak mengenal keindahan Pulau Dewata Bali? Bali adalah salah satu pulau yang termasuk dalam provinsi Indonesia dikatakan sebagai salah satu surga yang ada di Indonesia. Keindahan yang ditawarkan pulau ini tidak bisa dikatakan biasa karena melihat keindahan pulau ini saja akan membuat Anda berdecak kagum.

Hamparan pulau dan pantai di pulau Bali berhasil memanjakan mata para turis yang membuat hampir seluruh isi dari pulau ini dipenuhi para turis.Jadi, tidak heran kalau Anda datang mengunjungi Bali banyak turis yang akan berkeliaran.

Selain memiliki keindahan seperti surga, Bali juga memiliki pulau-pulau kecil lain disekitarnya yang juga tidak kalah indahnya. Berikut beberapa pulau kecil yang ada disekitaran Bali yang bisa Anda kunjungi.

1. Pulau Nusa Penida

Sebuah pulau (nusa) yang terletak di sebelah tenggara Bali yang dipisahkan oleh Selat Badung. Di dekat pulau ini terdapat juga pulau-pulau kecil lainnya yaitu :

– Nusa Ceningan
– Nusa Lembongan

2. Pulau Nusa Lembongan

Sebuah pulau kecil yang terletak berdektan dengan Nusa Ceningan dan 2 km di sebelah barat laut Nusa Penida terletak di Selat Badung sebelah tenggara Pulau Bali. Pualu yang memiliki pangajng 4,6 km dan lebar 1-1,5 km ini berada kira-kira 11 km di sebelah tenggara Bali. Pulau ini termasuk wilayah Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Mata pencaharian utama masyarakat Nusa Lembongan adalah sebagai petani rumpur laut.

Sebagian lagi bekerja di sektor pariwisata dan sektor penunjang pariwisata. Nusa Lembongan terbagi menjadi 2 desa yakni, Desa Lembongan dan Desa Jungubatu. Desa Lembongan membawahi 6 dusun dan 12 banjar adat, yang wilayahnya berada di dua pulau yakni, sebagian besar Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Keenam desa yang menyokong Desa Lembongan yaitu, Dusun Kawa, Kaja, Kelod, Kangin, Ceningan Kawan, Ceningan Kangin.

Desa Lembongan banyak mempunyai tempat-tempat menarik seperti pantai berpasir putih yang sangat menarik, gua alam dan buatan yang unik, tebing laut yang menantang, rawa-rawa yang penuh misteri. Pantai-pantai yang terkenal di pulau Lembongan yaitu: Pantai Tanjung Sanghyang, Dream Beach, Selagimpak, Lebaoh (pantai pusat rumpur laut) dll.

Tempat-tempat lain yang ramai dikunjungi antara lain, Rumah Bawah Tanah (Underground House), Gala-Gala, Goa Sarang Walet Batu Melawang, Art Shop Center Buanyaran, Rawa-Rawa Pedagung, Tempat Romantis Kolong Pandan Sunset Park, dll.

Transportasi dari dan ke Nusa Lembongan dan Desa Lembongan dengan Pulau Bali di tempuh melalui jalur laut yakni, dari dank e Bali timur melalui jalur pelabuhan Tri Buwana-Bias Munjul Ceningan Kangin, dari dan ke Bali barat melalui jalur Pelabuhan Sanur Denpasar – Pelabuhan Tanjung Sanghyang Lembongan. Lama perjalanan dari Sanur menuju Tanjung Sanghyang Lembongan sekitar 1 – 1,5 jam menggunakan jukung (jangolan) dan sekitar 30 menit jika menggunakan speed boat. Transportasi dari dan ke Desa lembongan ada yang pagi hari menggunakan jukung, siang dan sore hari menggunakan speed boat.

3. Pulau Nusa Ceningan

Sebuah pulau kecil yang terdapat Pura Bakung yang bersejarah dan hua sarang burung wallet serta ombak yang baik untuk berselancar yang terletak di sebelah tenggara Pulau Bali. Pulau yang maksimum memiliki panjang 3,7 km dan lebar 1,5 km ini berasa kira-kira 15 km di sebebelah tenggara Bali dengan perjalanan dengan perahu cepat melalui Pantai Sanur atau melalui jembatan dari Nusa Lembaogan (Nusa Lembongan) dan 1 km di sebelah barat laut Nusa Penida. Pulau ini termasuk wilayah Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Hampir 95% masyarakatnya merupakan petani rumput laut.

4. Pulau Serangan

Sebuah pulau kecil yang terletak 500 meter di sebelah selatan kota Denpasar. Pulau yang memiliki panjang maksimum 2,9 km dan lebar 1 km ini termasuk wilayah kota Denpasar, Bali.

Pulau Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Ibukota provinsinya adalah Denpasar. Tempat-tempat penting lainnya adalah Ubud sebagai pusat seni terletak di Kabupaten Gianyar, sedangkan Kuta, Sanur, Seminyal, Jimbaran dan Nusa Dua adalah beberapa tempat yang menjadi tujuan pariwisata. Mayoritas penduduk Bali adalah Bergama Hindu dan bermata pencaharian sebagai petani. Penduduknya sekitar 4.279.500 jiwa.

Advertisements