Organisasi di Bawah Naungan PBB

Posted on

DETALOG.COM – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) adalah organisasi internasional yang didirikan pada tanggal 24 Oktober 1945 untuk mendorong kerjasama internasional.

Seperti dilansir dari Wikipedia, markas Perserikatan Bangsa-Bangsa terletak di Manhattan, New York City, dan memiliki hak ekstrateritorialitas. Tujuan utamanya adalah untuk menjaga perdamaian, dan keamanan dunia, memajukan, dan mendorong penghormatan hak asasi manusia, membina pembangunan ekonomi, dan sosial, melindungi lingkungan, dan menyediakan bantuan kemanusiaan apabila terjadi kelaparan, bencana alam, dan konflik bersenjata.

Sejarah Berdirinya PBB

Liga Bangsa-Bangsa dianggap gagal mencegah meletusnya Perang Dunia II (1939-1945). Untuk mencegah meletusnya Perang Dunia Ketiga, yang mana tidak diinginkan oleh seluruh umat manusia, pada tahun 1945 PBB didirikan untuk menggantikan Liga Bangsa-Bangsa yang gagal dalam rangka untuk memelihara perdamaian internasional, dan meningkatkan kerjasama dalam memecahkan masalah ekonomi, sosial, dan kemanusiaan internasional.

Rencana konkrit awal untuk organisasi dunia baru ini dimulai di bawah naungan Departemen Luar Negeri AS pada tahun 1939. Franklin D. Roosevelt dipercaya sebagai seorang yang pertama menciptakan istilah “United Nations” atau Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai istilah untuk menggambarkan negara-negara Sekutu. Istilah ini pertama kali secara resmi digunakan pada 1 Januari 1942, ketika 26 pemerintah menandatangani Piagam Atlantik, dimana masing-masing negara berjanji untuk melanjutkan usaha perang.

Pada tanggal 25 April 1945, Konferensi PBB tentang Organisasi Internasional dimulai di San Francisco, dihadiri oleh 50 pemerintah, dan sejumlah organisasi non-pemerintah yang terlibat dalam penyusunan Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa. PBB resmi dibentuk pada 24 Oktober 1945 atas ratifikasi Piagam oleh lima anggota tetap Dewan Keamanan-Perancis, Republik Tiongkok, Uni Soviet, Inggris dan Amerika Serikat-dan mayoritas dari 46 anggota lainnya. Sidang Umum pertama, dengan 51 wakil negara, dan Dewan Keamanan, diadakan di Westminster Central Hall di London pada Januari 1946.

Organisasi di Bawah Naungan PBB

Adapun organisasi-organisasi yang berada di bawah naungan PBB diantaranya sebagai berikut:

1. ILO (International Labour Organization) adalah organisasi dunia di bawah naungan PBB yang menangani masalah buruh dunia. ILO dibentuk pada tanggal 1 April 1919 dan berkedudukan di Jenewa, Swiss.

Tujuan didirikannyaa ILO adalah untuk mencapai perdamaian abadi dan keadilan sosial dengan mengutamakan perbaikan nasib buruh dan keluarganya.

2. IDA (International Development Association) atau Perhimpunan Pembangunan Internasional didirikan tahun 1960 di Washington DC, Amerika Serikat. yang menyediakan pinjaman kepada negara berkembang miskin di dunia. Institusi ini merupakan bagian dari Grup Bank Dunia dan bermarkas di Washington, D.C., Amerika Serikat. Asosiasi Pembangunan Internasional didirikan pada tahun 1960 untuk melengkapi Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan dengan menawarkan pinjaman bagi negara berkembang.

IDA bertujuan untuk mendorong kemajuan ekonomi negara-negara yang sedang berkembang dan memberi pinjaman dengan syarat yang ringan.

3. FAO (Food And Agriculture Organization)adalah organisasi dunia yang menangani masalah makanan dan pertanian (pangan). FAO berdiri pada tanggal 16 Oktober 1945 dan berkedudukan di Roma, Italia.

Tujuan didirikannya FAO adalah memberikan bantuan pangan kepada negara yang terkena musibah (kelaparan) serta meningkatkan jumlah dan mutu bahan makanan. Indonesia pernah menerima penghargaan dari FAO pada tahun 1986 karena Indonesia bisa mencapai swasembada pangan

4. WHO (World Health Organization) adalah organisasi kesehatan dunia. WHO didirikan tanggal 7 April 1948 dan berkedudukan di Jenewa, Swiss. Tujuannya adalah memperbaiki dan meningkatkan kesehatan manusia sedunia.

Tujuan didirikannya WHO adalah sebagai berikut :
a. Membantu pemberantasan penyakit menular di seluruh dunia.
b. Memberikan bantuan obat-obatan bagi negara yang terkena musibah (wabah penyakit).
c. Membantu peningkatan kesejahteraan ibu dan anak, serta membantu penelitian di bidang kesehatan.

5. UNESCO (United NationsEducational Scientific and Cultural Organization) adalah organisasi dunia yang menangani masalah pedidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan. UNESCO didirikan pada tanggal 14 November 1946 dan berkedudukan di Paris, Perancis. Tujuan didirikannya UNESCO adalah memberantas buta huruf dan mempertinggi kebudayaan serta memberikan bantuan di bidang pendidikan dan kebudayaan negara yang membutuhkan.

Tujuan didirikannya UNESCO adalah untuk membina kerjasama internasional di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Lengkapnya sebagai wadah dalam memberantas buta huruf dan mempertinggi kebudayaan serta memberikan bantuan di bidang pendidikan dan kebudayaan negara yang membutuhkan

6. UNICEF (United Nation Childrens Fund) adalah organisasi dunia yang menangani kesehatan dan gizi anak atau sering disebut dana kesejahteraan anak. UNICEF didirikan pada tahun 1946 dan berkedudukan di New York, Amerika Serikat.

Tujuan didirikannya UNICEF adalah untuk menolong dan menyantuni anak-anak yang mengalami penderitaan baik berupa kemiskinan dan keterbelakangan maupun karena bencana alam.

7. IBRD (International Bank For Reconstruction an Development) adalah bank internasional untuk pembangunan dan pengembangan. IBRD sering disebut dengan Bank Dunia (World Bank). IBRD didirikan pada tanggal 27 Desember 1945 dan berkedudukan di Washington, Amerika Serikat.

Tujuannya adalah memberikan bantuan kepada negara-negara yang mengalami kerusakan akibat Perang Dunia II dan memberikan bantuan kepada negara yang membangun (kredit jangka panjang). IBRD hanya memberikan kredit kepada pihak pemerintah negara anggota dan kredit ini diberikan hanya untuk proyek-proyek besar.

8. IMF (International Monetery Fund) adalah dana moneter internasional, yang didirikan pada tanggal 27 September 1945 dan berkedudukan di Washington, Amerika Serikat.

Adapun tujuannya adalah untuk memajukan kerja sama internasional di bidang keuangan dan perdagangan, selengkapnya sebagai berikut :
a. Membantu negara-negara yang neraca pembayarannya tidak seimbang dan defisit dengan menyediakan dana pinjaman.
b. Memberi bantuan untuk memperluas perdagangan internasional.
c. Memberi bantuan dalam mengadakan sistem pembayaran bagi negara-negara anggota.
d. Memberi saran atau nasihat tentang kerja sama keuangan internasional.

9. UNCTAD (United Nations Conference on Trade and Development) adalah organisasi bangsa-bangsa tentang perdagangan dan pembangunan. Didirikan pada tahun 1964 dan berkedudukan di Jenewa, Swiss.

Tujuan didirikannya UNCTAD adalah sebagai berikut :
a. Mengusahakan kemajuan dan memperlancar perdagangan internasional terutama perdagangan ekspor negara-negara yang sedang berkembang.
b. Mengusahakan harga yang pantas dan stabil bagi barang-barang ekspor.
c. Mencari pasaran yang luas di dunia internasional.

10. UNDP (United Nations Development Program) adalah organisasi program pembangunan bangsa-bangsa. UNDP merupakan badan dalam PBB yang mengurusi program pembangunan dengan tujuan untuk memperlancar pelaksanaan pembangunan di seluruh dunia.

Tujuan didirikanya sebagai wadah dalam membantu negara-negara merancang pembangunan yang memperhatikan lingkungan hidup. Organisasi yang bermarkas di New York (Amerika Serikat) itu pun membantu sejumlah negara mengatasi masalah polusi, kesehatan, dan gangguan lingkungan lainnya.

11. UNIDO (United Nations Industrial Development Organization) adalah Organisasi Pembangunan Industri PBB didirikan pada tanggal 24 Juli 1966 dan berkedudukan di New York dan Jenewa (Swiss).

Tujuan utama dari lembaga ini adalah untuk meningkatkan pembangunan di bidang industri bagi negara-negara berkembang. UNIDO didirikan oleh Majelis Umum PBB, dengan perhatian utama membantu negara-negara membanguna perekonomian yang kuat dengan menciptakan basis industri yang kokoh.

12. GATT (General Agrement On Tariffs and Trade) adalah perjanjian umum tentang tarif dan perdagangan yang dibentuk pada tahun 1947 berdasarkan perjanjian Genewa.

Tujuan didirikannya GATT (WTO) adalah mengurangi berbagai rintangan dalam perdagangan internasional, misalnya menyederhanakan prosedur ekspor, penurunan tarif atau bea masuk, dan mengurangi proteksi atau perlindungan dalam perdagangan. Pada pertemuan di Marakesh, Maroko, tanggal 15 April 1994 diputuskan bahwa, mulai tanggal 1 Januari 1995 GATT berubah nama menjadi WTO (World Trade Organization).

13. ICAO (International Civil Aviation Organization ) Organisasi Penerbangan Sipil Internasional, berdiri 4 April 1974.

Bertujuan mempelajari masalah-masalah dan menyeragamkan peraturan penerbangan internasional serta mengembangkan Teknik dan prinsip-prinsip navigasi udara Internasional serta membantu perkembangan perencanaan dan pengembangan angkutan udara internasional untuk memastikan pertumbuhannya terencana dan aman.

14. IFAD( International Fund For Agricultural Development) adalah dana Internasional untuk Pengembangan Pertanian, berdiri 30 November 1977 dan bermarkas di Roma, Itali.

Bertujuan untuk memobilisasi sumber-sumber pertanian untuk meningkatkan produksi dan mutu gizi yang lebih baik.

15. IFC ( International Finance Corporation) Koperasi Keuangan Internasional, berdiri20 Juli 1956.

Bertujuan dalam mendorong dan merangsang pengembangan usaha-usaha swasta negara belum berkembang.

16. IAEA (International Atomic Energy Agency) Badan Tenaga Atom Internasional, berdiri 26 Oktober 1956.

Bertujuan dalam mengembangkan atom.

17. IMO (International Maritime Organization) adalah Organisasi Maritim Internasional atau IMO yang dulunya dikenal sebagai Inter-Governmental Maritime Consultative Organization (IMCO), didirikan pada tahun 1948 melalui PBB untuk mengkoordinasikan keselamatan maritim internasional dan pelaksanaannya.

Tujuannya adalah untuk mempromosikan kerjasama antar pemerintah dan antar industri pelayaran untuk meningkatkan keselamatan maritim dan mencegah polusi air laut

18. ITU (International Telecommunication Union) adalah Uni Telekomunikasi Internasional) ITU didirikan sebagai International Telegraph Union di Paris pada tanggal 17 Mei 1865.

Tujuan utamanya meliputi standardisasi, pengalokasian spektrum radio, dan mengorganisasikan perjanjian rangkaian interkoneksi antara negara-negara berbeda untuk memungkinkan panggilan telepon internasional.

Advertisements