Manfaat Apec Bagi Para Anggotanya

DETALOG.COM – APEC merupakan singkatan dari Asia Pacific Economic Cooperation atau Kerja sama Ekonomi Asia Pasifik. APEC yang didirikan pada tahun 1989 menjadi forum ekonomi bagi 21 negara di Lingkar Pasifik yang bertujuan untuk mengukuhkan pertumbuhan ekonomi, mempererat komunitas, serta mendorong perdagangan bebas di seluruh kawasan Asia – Pasifik.

Pendirian APEC terjadi atas usulan Perdana Menteri Australia yang menjabat di tahun 1989, yaiyu Bob Hawke di mana ia mengusulkan untuk didirikannya kerja sama ekonomi yang lebih efektif untuk kawasan Asia – Pasifik. Hal ini lalu berujung pada pertemuan pertama APEC di ibukota Australia, Canberra, dan diketuai oleh Menteri Luar Negeri Australia, Gareth Evans. Rapat ini dihadiri oleh menteri dari 12 negara, dan berujung pada komitmen untuk mengadakan pertemuan tahunan untuk masa depan di Singapura dan Korea Selatan.

Namun perhimpunan negara-negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) menentang usulan awal, dan sebagai gantinya mengusulkan ‘Kaukus Ekonomi Asia Timur’ yang tidak memasukkan negara non Asia seperti Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Selandia Baru. Usulan ini ditentang oleh negara-negara di kawasan Amerika, dan dikiritik dengan pedas oleh Jepang dan Amerika Serikat.

NEGARA ANGGOTA APEC

  1. Australia ; diterima tahun 1989
  2. Brunei Darussalam ; diterima tahun 1989
  3. Canada ; diterima tahun 1989
  4. Indonesia ; diterima tahun 1989
  5. Jepang ; diterima tahun 1989
  6. Korea Selatan ; diterima tahun 1989
  7. Malaysia ; diterima tahun 1989
  8. New Zealand ; diterima tahun 1989
  9. Philipina ; diterima tahun 1989
  10. Singapura ; diterima tahun 1989
  11. Thailand ; diterima tahun 1989
  12. Amerika Serikat ; diterima tahun 1989
  13. Republik Tiongkok ; diterima tahun 1991
  14. Hong Kong ; diterima tahun 1991
  15. RRC ; diterima tahun 1991
  16. Mexico ; diterima tahun 1993
  17. Papua New Guinea ; diterima tahun 1993
  18. Chili ; diterima tahun 1994
  19. Peru ; diterima tahun 1998
  20. Rusia ; diterima tahun 1998
  21. Vietnam ; diterima tahun 1998
  22. Mongolia ; diterima tahun 2013

MANFAAT APEC BAGI PARA ANGGOTANYA

  1. Membuat harga barang dan jasa menjadi lebih murah dan dapat meningkatkan kemampuan untuk lebih berpartisipasi dalam meningkatkan ekspor.
  2. Menciptakan lebih banyak lagi kesempatan pada tempat kerja, juga dapat membuat negara anggota untuk memenuhi kebutuhan negeri serta untuk terjalinnya kerjasama sehingga akan mempermudah dalam proses tolong menolong antara negara anggota yang secara otomatis akan menciptakan kedamaian dunia ketertiban internasional.
  3. Meningkatkan perdagangan bebas di kawasan Asia Pasifik.
  4. Meningkatkan arus barang dan juga jasa sekaligus memajukan pertumbuhan ekonomi negara anggotanya.
  5. Membuka pasar bagi industri dalam negeri yang akan semakin meningkat.
  6. Meningkatkan jumlah ekspor dan impor sekaligus untuk meningkatkan kerjasama terutama dalam bidang ekonomi dari para negara anggota.
  7. Meningkatkan peran swasta untuk menuju liberalisasi perdagangan. Dalam salah satu pilar, APEC menjadi fasilitator perdagangan dan investasi secara langsung.
  8. Sebagai salah satu wadah untuk saling bertukar pengalaman. Karena salah satu forum yang ada pada APEC adalah Policy Dialogue yang secara tidak langsung akan memberikan manfaat yang sangat besar terutama untuk menarik berbagai pelajaran dan juga pengalaman positif dan juga negatif antara negara anggota APEC lainnya terutama dalam hal pengambilan dan juga pembuatan suatu kebijakan liberalisasi perdagangan dan juga investasi.