Fungsi Korteks pada Ginjal

DETALOG.COM – Ginjal merupakan salah satu bagian dari organ dalam tubuh manusia yang bentuknya mirip kacang. Ginjal yang merupakan bagian dari system urin, memiliki fungsi untuk menyaring kotoran dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Terdapat sepasang ginjal pada tubuh manusia yang terletak di belakang perut atau abdomen. Ginjal tersusun atas beberapa bagian yang terdiri dari:

  • Korteks
  • Medula
  • Pelvis Renalis
  • Nefron
  • Glomerulus
  • Kapsula Bowman
  • Tubulus Kontortus Distal
  • Tubulus Kolektivus

Secara detail, ginjal terletak di kanan dan kiri tulang belakang, di bawah hati dan limpa. Ginjal kanan biasanya terletak sedikit di bawah ginjal kiri untuk memberi tempat untuk hati. Di bagian atas ginjal terdapat kelenjar adrenal yang disebut juga kelenjar suprarenal. Sebagian dari bagian atas ginjal terlindungi oleh iga ke-11 dan 12. Kedua ginjal dibungkus oleh 2 lapisan lemak, yaitu lemak perirenal dan lemak pararenal yang membantu dalam meredam goncangan.

Berat dan besar ginjal bervariasi; hal ini tergantung pada jenis kelamin, umur, serta ada tidaknya ginjal pada sisi lain. Pada orang dewasa, rata-rata ginjalnya memiliki ukuran panjang sekitar 11,5 cm, lebar sekitar 6 cm, dan ketebalan 3,5 cm dengan berat sekitar 120-170 gram atau kurang lebih 0,4% dari berat badan. Ginjal memiliki bentuk seperti kacang dengan lekukan yang menghadap ke dalam. Di tiap ginjal terdapat bukaan yang disebut hilus yang menghubungkan arteri renal, vena renal, dan ureter.

FUNGSI KORTEKS PADA GINJAL

Sebagai salah satu bagian dari ginjal, Korteks merupakan lapisan sekunder ginjal. Korteks ginjal cenderung lebih tebal dan berfungsi untuk:

  1. Melindungi organ. Dalam hal ini, korteks akan memberikan ruang yang aman dan terisolasi, juga sebagai bantalan antara lapisan luar yang keras dan ban dalam yang lebih sensitif serta lengkung, dan juga memberikan jalur yang sangat penting untuk fungsi organ yang tepat.
  2. sebagai tempat terjadinya filtrasi dan ultrafiltrasi. Di dalam korteks terdapat jutaan nefron yang terdiri dari badan malphigi. Setiap badan malphigi itu sendiri tersusun dari glomerulus yang diselimuti oleh kapsula Bowman dan juga beberapa saluran yang terdiri dari tubulus kontortus proksimal dan tubulus kontortus distal. Jutaan nefron yang berada pada korteks ini membuat permukaan kapiler ginjal menjadi lebih luas, dan meningkatkan kemampuan filterisasi zat buang. Jadi bisa dikatakan jika korteks merupakan lokasi filterisasi yang merupakan langkah terakhir sebelum urin siap keluar untuk selanjutnya diproses tubuh.

 

Di dalam korteks ginjal dapat ditemukan sejumlah tubulus ginjal, juga berisi sebagian besar nefron, serta pembuluh darah. Perlu diketahui bahwa setiap bagian ginjal berkontribusi pada pembentukan urin dan penghapusan limbah didalam tubuh. Pembuluh darah akan memberikan darah dari tubuh ke ginjal, dan ketika darah melewati korteks ginjal, maka glomerulus akan menyaring untuk mengeluarkan produk sisa sebelum kembali ke darah ke sirkulasi.