Pemanfaatan Jagung untuk Pangan dan Pakan

DETALOG.COM – Bijian jagung (grain) merupakan produk utama tanaman jagung. Bijian jagung sebenarnya adalah buah dan biji jagung yang menyatu. Massa bijian jagung terbesar diisi oleh endosperma yang kaya oleh karbohidrat. Dari bijian yang dihasilkan, jagung menjadi sumber pangan pokok manusia ketiga setelah gandum dan beras/padi. Selain itu, bijian jagung dimanfaatkan sebagai pakan hewan, baik untuk unggas maupun ternak besar. Setidaknya hal ini berlaku di Indonesia yang menjadikan bijian jagung sebagai serapan terbesar dalam hal sumber pakan ternak. Olahan bijian jagung juga mulai diterapkan dalam industri pangan, farmasi, kosmetika, dan industri kimia.

Tapi sebenarnya tidak hanya bijian jagung saja, produk jagung penting lainnya seperti tongkol jagung yang dipanen dalam usia sekitar 3 minggu setelah penyerbukan, bisa dijadikan sebagai sayuran atau direbus serta dibakar. Jagung manis biasanya mengisi pangsa ini. Tongkol jagung yang masih muda dan belum berkembang penuh dipanen sebagai sayuran segar yang dikenal sebagai jagung semi atau baby corn.

PEMANFAATAN JAGUNG UNTUK PANGAN DAN PAKAN

1) Pangan

Seperti yang dipaparkan di atas, bagian jagung yang biasa dikonsumsi oleh manusia adalah bijiannya, baik yang masih muda ketika isinya belum mengering, maupun setelah tua dan mengering.

  • Untuk bijian jagung yang kering, dapat dihaluskan menjadi tepung jagung (maizena). Tepung maizena menjadi bahan untuk berbagai kue dan penganan olahan serta untuk bahan baku untuk pembuatan mie bihun.
  • Dedak merupakan bijian jagung yang digiling halus. Dedak dapat dicampur dengan bahan lain sebagai makanan sarapan.
  • Pecahan kasar bijian jagung juga diolah sebagai makanan sarapan populer, yaitu corn flakes.
  • Bijian utuh jagung dapat dipanggang, disangrai, atau digoreng. Gorengan bijian kering jagung dikenal sebagai marning di Jawa Tengah.

Sementara itu, jagung muda biasanya dipasarkan secara utuh bersama tongkolnya. Dalam hal ini, jagung manis pada umumnya mengisi pangsa ini, meskipun jagung ladang dan jagung ketan juga bisa dipanen dalam keadaan demikian. Biasanya tongkol jagung muda akan direbus, dipanggang, atau dibakar. Beberapa masakan sayur, seperti sayur asam dan sayur bening dilengkapi dengan potongan tongkol jagung atau bijian muda yang sudah dipisahkan dari tongkolnya (dipipil).

2) Pakan

Pemanfaatan jagung untuk pakan dapat diberikan pada hewan unggas dalam bentuk utuh seperti pakan burung dara, dipecah seperti pakan burung pengicau, juga dihaluskan hingga berbentuk bubuk.

Selain itu, tanaman jagung utuh yang masih hijau biasanya dimanfaatkan oleh usaha tani peternakan sebagai sumber pakan ternak mengingat kandungan proteinnya yang baik bagi sapi dan kerbau.

3) Pemanfaatan Lainnya

Saat ini jagung juga dijadikan sebagai sumber energi alternatif. Dalam hal ini, bidang bioenergi telah mengembangkan tanaman jagung dengan kandungan selulosa tinggi untuk dimanfaatkan biomassanya sebagai sumber energi terbarukan.

Lebih dari itu, saripati jagung juga dapat diubah menjadi polimer sebagai bahan campuran pengganti fungsi utama plastik. Salah satu perusahaan di Jepang telah mencampur polimer jagung dan plastik menjadi bahan baku casing komputer yang siap dipasarkan.

 

Pelajaran Menarik Lainnya: