Cara Jantung Memompa Darah

Posted on

DETALOG.COM – Jantung merupakan salah satu organ dalam tubuh manusia yang berupa sebuah rongga organ berotot yang akan menjalankan fungsinya dalam memompa darah melalui pembuluh darah dengan kontraksi berirama yang berulang. Oleh karena itu, jantung adalah salah satu organ dalam tubuh manusia yang berperan dalam sistem peredaran darah.

Jantung adalah salah satu otot tunggal yang terdiri dari lapisan endothelium. Jantung terletak di dalam rongga torakik, di balik tulang dada. Struktur jantung berbelok ke bawah dan sedikit ke arah kiri. Massanya kurang lebih 300 gram, besarnya sebesar kepalan tangan. Jantung hampir sepenuhnya diselubungi oleh paru-paru, namun tertutup oleh selaput ganda yang bernama perikardium yang tertempel pada diafragma.

Lapisan pertama menempel sangat erat pada jantung, sedangkan lapisan luarnya lebih longgar dan berair, untuk menghindari gesekan antar organ dalam tubuh yang terjadi karena gerakan memompa konstan jantung. Jantung dijaga di tempatnya oleh pembuluh-pembuluh darah yang meliputi daerah jantung yang datar, seperti di dasar dan di samping. 2 garis pembelah yang terbentuk dari otot pada lapisan luar jantung menunjukkan di mana dinding pemisah di antara serambi dan bilik jantung.

CARA JANTUNG MEMOMPA DARAH

  • Jantung memompa darah melewati 2 sistem sirkulasi. Pada saat berdenyut, setiap ruang jantung mengendur dan terisi darah (diastol). Selanjutnya jantung berkontraksi dan memompa darah keluar dari ruang jantung (sistol).
  • Kedua serambi mengendur dan berkontraksi secara bersamaan, dan kedua bilik juga mengendur dan berkontraksi secara bersamaan. Darah yang kehabisan oksigen dan mengandung banyak karbondioksida (darah kotor) dari seluruh tubuh mengalir melalui 2 vena berbesar (vena cava) menuju ke dalam atrium kanan.
  • Setelah atrium kanan terisi darah, ia akan mendorong darah ke dalam ventrikel kanan melalui katup trikuspidalis. Darah dari ventrikel kanan akan dipompa melalui katup pulmoner ke dalam arteri pulmonalis menuju ke paru-paru
  • Darah akan mengalir melalui pembuluh yang sangat kecil (pembuluh kapiler) yang mengelilingi kantong udara di paru-paru, menyerap oksigen, melepaskan karbondioksida dan selanjutnya dialirkan kembali ke jantung.
  • Darah yang kaya akan oksigen mengalir di dalam vena pulmonalis menuju ke atrium sinistra. Peredaran darah di antara bagian kanan jantung, paru-paru dan atrium kiri disebut sirkulasi pulmoner karena darah dialirkan ke paru-paru.
  • Darah dalam atrium sinistra akan didorong menuju ventrikel sinistra melalui katup bikuspidalis/mitral, yang selanjutnya akan memompa darah bersih ini melewati katup aorta masuk ke dalam aorta (arteri terbesar dalam tubuh). Darah kaya oksigen ini disirkulasikan ke seluruh tubuh, kecuali paru-paru. dan sebagainya.

 

Normalnya, jumlah darah yang terpompa menuju paru-paru sama dengan jumlah darah yang terpompa ke seluruh tubuh.

Ketika beristirahat, jantung berdetak kurang lebih 72 kali per menit. Latihan fisik biasanya mengangkat jumlahnya, namun jumlahnya melambat selama beberapa waktu, namun hal ini justru baik untuk jantung. Karena jantung merupakan salah satu organ terpenting tubuh, maka kelainan pada jantung dapat berisiko kematian. Dalam hal ini, ada 2 masalah serius yang bisa ditimbulkan dari gangguan pada organ jantung, yaitu penyakit jantung dan serangan jantung.