Jaringan-Jaringan Dalam Tubuh Manusia

Posted on

DETALOG.COM – Jaringan dalam biologi adalah sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Jaringan-jaringan yang berbeda dapat bekerja sama untuk suatu fungsi fisiologi yang sama membentuk organ. Jaringan dipelajari dalam cabang biologi yang dinamakan histologi, sedangkan cabang biologi yang mempelajari berubahnya bentuk dan fungsi jaringan dalam hubungannya dengan penyakit adalah histopatologi.

Dilansir dari laman Sridianti.com, John Jay Institute mendefinisikan jaringan sebagai “kumpulan sel-sel yang sama secara kelompok bersama-sama untuk melakukan fungsi khusus.” Jaringan manusia umumnya dibagi menjadi empat kelompok: epitel, ikat, otot, dan saraf.

Jaringan Dalam Tubuh Manusia

Jaringan manusia epitelium terdiri dari sel padat multi-sisi yang berfungsi sebagai perlindungan untuk interior dan eksterior tubuh. Beberapa jenis jaringan manusia seluruhnya internal. Namun, salah satu jaringan epitel yang paling dikenal adalah lapisan luar seseorang kulit. Jaringan epitel juga bertindak sebagai lapisan, seperti yang ditemukan di dalam mulut, paru-paru, dan perut.

Jenis jaringan yang sering disebut sebagai jaringan pelindung. Selain mencakup tubuh manusia dan lapisan berbagai organ, jaringan epitel membantu organ terpisah dan membuat mereka dalam posisi yang tepat. Itu membuat sistem endokrin, yang bertanggung jawab untuk produksi hormon, dan sistem eksokrin, yang bertanggung jawab untuk melepaskan item dari tubuh seperti keringat.

Jaringan ikat digunakan untuk struktur dan untuk menopang tubuh. Jenis jaringan mengandung kedua elemen hidup, seperti sel-sel, dan unsur-unsur non-hidup, seperti garam dan gas. Kategori ini jaringan manusia termasuk bagian tubuh seperti tendon, tulang, dan ligamen. Darah juga dianggap sebagai jaringan ikat. Hal ini sebagian karena salah satu peran utama dari darah mengangkut nutrisi dan barang-barang lain di seluruh tubuh.

Kelompok ini jaringan sering dicatat untuk karakteristik berserat. Salah satu serat yang paling umum adalah kolagen, yang antara lain menambah kekuatan jaringan. Kelompok ini jaringan manusia juga menyediakan tingkat perlindungan dengan menempati ruang yang seharusnya dapat kekosongan antara organ dan jaringan.

Jaringan otot adalah kelompok yang otot manusia ‘milik. Kelompok ini jaringan umumnya ditandai dengan kemampuannya untuk berkontraksi. Hal ini dipuji karena memungkinkan gerakan. Gerakan ini tidak hanya terbatas pada tungkai dan sendi. Jaringan otot juga memungkinkan makanan dan darah yang akan diangkut ke seluruh tubuh. Kelompok jaringan manusia umumnya dibagi menjadi tiga subkategori: otot polos, otot jantung, dan otot rangka.

Jaringan saraf digunakan untuk mengontrol tubuh manusia. Ada tiga komponen utama dari kelompok jaringan: otak, saraf, dan sumsum tulang belakang. Ketiga komponen bekerja sama karena saraf dapat menghasilkan dan melakukan sinyal listrik. Sumsum tulang belakang bertindak sebagai rute untuk saraf untuk melakukan perjalanan sehingga pesan listrik dapat mengalir ke dan dari otak, yang merupakan pusat kendali tubuh